Senin, 06 Juli 2009

Golput yang baik adalah Golput yang pintar

logo golput kampanye damai pemilu indonesia 2009Civic and Economic - Sebelumnya saya juga pernah menulis tentang golput lebih baik jangan ikut-ikutan. akan tetapi, pemilih golput yang jumlahnya hampir 50 juta orang pada pemilihan april kemarin, yang tentu saja bukan bilangan yang kecil. memang tidak semua pemilih golput pada april kemarin berkaitan dengan isu politis namun sebagian juga barkaitan dengan masalah teknis.

ketika membaca beberapa tulisan seperti tulisan mas teguh santosa yang membagi tipe tipe pemilih dan mendefinisikan golput ke dalam barisan sakit hati. mungkin golput tidak dapat dihindari akan tetapi ada baiknya jika golongan yang menjadi putih ini lebih bertanggung jawab akan pilihannya untuk menjadi golput. beberapa hal yang melandasi pikiran ini diantaranya adalah tulisan dari mas taufik yang berjudul saraiya mencari hak.

Tipe-tipe Golput :

Golput yang terkait dengan isu politis
Golput yang terkait dengan masalah teknis
Golput yang apatis

Jika saja anda termasuk dalam tipe Golput yang berkaitan dengan isu politis dan masalah teknis ada baiknya anda mengamati dan berpartisipasi dalam mengawasi jalannya pemilu agar kejadian yang menimpa saraiya tidak terjadi pada anda.

1 komentar:

  1. sama. aku nggak peduli politik indonesia. toh aku peduli juga nggak ngaruh. biarkan beruang-beruang itu berkelahi satu sama lain, saling bunuh dan kita ambil dagingnya.

    BalasHapus